Panduan Cara Ternak Bebek Petelur Modern, Dijamin Berhasil!

jendelapet.com

Bagaimana cara berternak bebek petelur? Apakah sulit dilakukan bagi pemula? Cara beternak bebek petelur modern bisa dikatakan mudah, namun juga dapat dikatakan sulit. Mengapa demikian? Sebab, ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk menunjang keberhasilan dalam berternak bebek. Apalagi bagi anda yang masih pemula, tentu belum ada pengalaman dalam bidang tersebut. Dengan mengetahui cara beternak bebek petelur modern bisa menjadi bekal peluang bisnis untuk anda yang menguntungkan.

Asalkan anda tekun dan konsisten dalam perawatan, maka hasil yang didapatkan pasti berkualitas. Lalu, mengapa beternak bebek petelur menjadi pilihan banyak orang? Karena permintaan jumlah telur bebek di pasaran semakin meningkat dengan berkembangnya berbagai variasi kuliner di masyarakat. Mengingat permintaan daging bebek pun juga terbilang tinggi, jadi ternak bebek dapat menjadi komoditas utama peternakan yang cukup unggul dan menjanjikan. 

Apalagi telur bebek kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sehingga tidak heran apabila telur bebek sangat diminati di kalangan masyarakat. Budidaya bebek petelur dinilai cukup unggul dibandingkan ternak ayam petelur. Jadi, usaha ini sangat cocok digeluti oleh orang yang memiliki lahan luas di sekitar rumah. Tapi, bagi anda yang tidak memiliki lahan pribadi tidak perlu khawatir. Untuk memulai bisnis ternak bebek petelur, anda bisa menyewa lahan kosong milik orang lain. Berikut panduan cara ternak bebek petelur modern, dijamin berhasil. 

Beternak Bebek Petelur Modern

Beternak bebek petelur memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Sebab, tidak sedikit orang yang menganggap bahwa beternak bebek merupakan salah satu bisnis yang kotor dan menghasilkan lingkungan yang kurang sedap. Beternak bebek memang selalu bergelut dengan kotoran, dan bau yang menyengat. Namun, jangan anggap remeh bisnis yang satu ini. Tanpa anda sadari, berternak bebek petelur adalah hal yang menyenangkan. 

Setiap pagi hari, anda akan bekerja memungut telur di kandang. Apabila anda melakukannya dengan sepenuh hati, maka hasil yang didapatkan juga akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kalau anda takut dengan bau yang menyengat, ada beberapa informasi cara ternak bebek petelur agar tidak bau. Sekarang ini jaman sudah modern, banyak obat yang bisa menghilangkan bau kandang juga. Dan saat ini beternak bebek petelur dapat dilakukan dengan sistem kandang kering. Cara ini sering menjadi pilihan, karena anda bisa beternak bebek dengan lebih efektif. 

Langkah-Langkah Beternak Bebek Petelur Modern

Ternak bebek petelur modern dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi dan manajemen yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk beternak bebek petelur modern:
  1. Persiapan Kandang
Persiapan kandang untuk bebek petelur harus memperhatikan aspek kebersihan dan kenyamanan bebek. Kandang harus dijaga kebersihannya, dijaga dari serangan hama dan penyakit, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pastikan kandang dilengkapi dengan pakan, minuman, tempat bertelur, dan peralatan lain yang diperlukan.

      2. Pemilihan Bibit

Pilih bibit bebek petelur yang berkualitas baik dari peternak yang terpercaya. Pastikan bebek yang dipilih sehat, aktif, dan memiliki genetik yang baik untuk memproduksi telur yang berkualitas.

      3. Pemberian Pakan

Pakan bebek petelur harus memiliki kandungan nutrisi yang cukup dan seimbang. Berikan pakan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang cukup. Pastikan juga pakan disajikan secara teratur dan dalam jumlah yang cukup.

      4. Pemeliharaan Kesehatan

Lakukan tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan bebek. Lakukan vaksinasi, pengobatan jika terinfeksi penyakit, dan periksa kesehatan secara teratur.

      5. Pengaturan Cahaya

Pengaturan cahaya sangat penting untuk mempengaruhi produksi telur bebek petelur. Pastikan bebek mendapatkan cahaya yang cukup selama 16-18 jam setiap hari.

      6. Pengelolaan Produksi Telur

Pengelolaan produksi telur meliputi pengumpulan telur, pengepakan, dan penyimpanan. Pastikan telur disimpan pada suhu yang sesuai dan dalam waktu yang tepat agar tidak mengalami kerusakan atau penurunan kualitas.

Kandang Sistem Kering 

Beternak bebek petelur saat ini tidak hanya dilakukan di pedesaan, tapi banyak juga yang melakukannya di perkotaan. Perbedaannya yaitu dari segi perawatan. Perawatan ternak bebek di pedesaan masih menggunakan sistem angon atau di gembalakan, sedangkan di perkotaan ternak bebek petelur sudah menggunakan sistem intensif dengan menggunakan peralatan modern. Sistem yang mereka gunakan adalah kandang bebek petelur sistem kering atau sering disebut kandang modern. 

Mengapa mereka menggunakan sistem kandang kering? Karena, kandang sistem kering menjadi solusi terbaik ketika beternak bebek di perkotaan. Cara tersebut bertujuan untuk menyesuaikan kondisi perkotaan yang tidak bisa jauh dari pemukiman penduduk setempat, jadi kandang tersebut untuk menghindari polusi bau yang ditimbulkan. 

Berikut tahapan memulai ternak bebek petelur modern dengan benar: 
  • Menyediakan kandang bebek petelur 
Ketika mempersiapkan kandang untuk bebek petelur, anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu:
  1. Lokasi kandang. Lokasi kandang baiknya harus jauh dari pemukiman. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko bebek petelur stres. Selain itu, bebek juga tidak menganggu masyarakat akibat bau menyengat yang ditimbulkan. 
  2. Penerangan yang cukup. Dalam bidang peternakan, pemberian cahaya yang cukup juga sangat diperlukan. Penerangan menjadi faktor terpenting dalam dunia peternakan. Apalagi sinar ultraviolet dari sinar matahari sangatlah diperlukan, untuk mengubah 7 dehydrocolestrol yang tersimpan di bawah lapisan permukaan kulit bebek petelur menjadi D-3 aktif, meskipun tidak mencukupi. 
  3. Kelembapan area kandang. Untuk kelembapan area yang sesuai dengan bebek petelur yaitu sekitar 60%. 
Maka dari itu, pemberian cahaya lampu di malam hari khususnya untuk bebek yang menjelang produksi dan masa produksi. Sangatlah penting karena untuk meningkatkan penyeimbangan penyerapan vitamin D. 

Terdapat beberapa syarat yang harus anda ketahui dalam penggunaan lampu untuk bebek, yaitu jangan terlalu lama memberikan tambahan penerangan selama masa produksi, jangan mengurangi jangka waktu penerangan selama masa produksi, intensitas penerangan lampu paling sedikitnya 30 watt untuk 10m pada bebek selama masa produksi, intensitas penerangan cahaya lampu paling sedikit 15 watt untuk ukuran kandang 10m bagi bebek yang menjelang masa produksi. 

Jenis kandang bebek petelur sangatlah banyak, salah satunya adalah ternak bebek petelur sistem baterai. Kandang sistem tersebut hampir mirip dengan kandang yang menggunakan sistem baterai ayam petelur yaitu kandang individual. Membuat kandang bebek petelur tidak harus yang mahal, anda bisa membuatnya dari bahan baku yang murah tapi tetap harus mematahui syarat-syaat kandang yang ideal. 
  • Memilih bibit bebek petelur yang berkualitas, sehat dan unggul
Pemilihan bibit bebek petelur yang unggul dan berkualitas memang menjadi hal penting dalam memulai beternak bebek. Sebab, bibit yang berkualitas dapat menentukan kualitasnya nanti. Salah satu cara untuk mendapatkan bibit bebek yang bagus yaitu membeli di tempat yang terpercaya. Anda bisa membeli bibit bebek petelur secara online maupun offline. 

Supaya anda lebih yakin bahwa DOD yang anda terima atau beli dalam keadaan baik dan juga sehat, lihatlah dari ciri-ciri berikut :
  1. Nafsu makan bebek tinggi
  2. Mata bebek tampak jernih dan bersinar
  3. Tubuh tegap, lincah dan gesit. 
  4. Bulu dalam keadaan kering dan juga cerah
  5. Fisik tidak cacat seperti kaki bengkok, buta, dan sayap terkulai
  6. Memiliki kaki yang kokoh dan warna bulu punggung coklat. 
  • Proses perawatan bebek petelur
Ketika merawat bebek petelur, hal yang harus anda perhatikan adalah luas kandang bebek. Cara ini bisa anda lakukan dengan mengamati, apakah bebek memiliki ruang yang cukup untuk bergerak atau merasa kesempitan. Kandang bebek harus dibuat senyaman mungkin, supaya produksi telur yang dihasilkan juga maksimal. 

Pakan bebek juga menjadi hal penting untuk menghasilkan kualitas ternak. Memberikan pakan ternak harus yang berkualitas, tidak boleh tergiur dengan harga yang jauh lebih murah. Sebab, jarang sekali pakan dengan harga murah memiliki kualitas yang bagus. Jangan lupa untuk menunjang hasil produksi, sebaiknya bebek petelur juga diberikan vitamin atau suplemen untuk menjaga kesehatannya. 
  • Masa panen bebek petelur
Bebek petelur akan mulai bertelur ketika berusia 6 bulan. Bebek akan bertelur ketika dini hari, sehingga anda harus mengambilnya ketika pagi hari untuk mengurangi resiko pecahnya telur. Setelah telur bebek dipanen, anda bisa membersihkannya terlebih dahulu dan menjualnya. Jika ingin mendapatkan pemasukan lebih, anda bisa mengolah menjadi telur asin. 

Permintaan telur bebek dan daging bebek di pasaran membuat bisnis ini semakin menjanjikan. Bagaimana sangat mudah bukan memulai ternak bebek petelur? Cukup dengan mengikuti panduan diatas, maka hasil ternak bebek petelur yang anda jalankan akan memberikan hasil yang menguntungkan. Cara ternak bebek petelur memang hampir sama dengan ternak itik telur modern. Perbedaannya hanya pada pakan yang diberikan saja. Mengingat hewan ternaknya berbeda, tentu jumlah pakannya juga berbeda. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga