Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Tidak Rontok, 100% Work

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Tidak Rontok

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Tidak Rontok -Halo petlovers! Membahas tentang perawatan kucing memang tidak ada habisnya, sebab semua perawatan mempunyai metode dan tekniknya masing-masing. Memelihara kucing menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Hewan peliharaan yang lucu itu selalu menarik perhatian banyak orang untuk mendekatinya. 

Bentuk tubuhnya yang gemuk dan pipi yang chubby menambah gemas orang yang melihatnya. Selain itu, tingkahnya yang aktif membuatnya lebih akrab bermain dengan manusia. Kucing bukan hanya hewan peliharaan semata, tetapi kucing juga bisa dijadikan teman. 

Kucing dapat mengerti isi hati manusia, apalagi majikannya sendiri. Kucing adalah hewan penyayang yang dapat menghilangkan stres seseorang apabila bermain dengannya. Sekarang ini sudah sangat banyak jenis kucing yang tersebar di indonesia. Setiap kucing mempunyai jenis dan karakteristik yang berbeda. 

Apalagi banyaknya kucing ras di indonesia, membuat populasi kucing kampung semakin tersingkirkan. Semua orang lebih tertarik memelihara kucing ras, dibandingkan kucing kampung biasa. Menurut mereka kucing kampung tidak secantik kucing ras yang berbulu lebat. 

Padahal ada banyak juga kucing kampung yang mempunyai bulu lebat dan juga badan yang gemuk. Meskipun kucing kampung memiliki naluri liar dalam tubuhnya, tetapi jika sudah menjadi hewan rumahan kucing kampung akan berubah menjadi penurut. Kucing kampung yang dikenal galak dan agresif merupakan sikap yang wajar, sebab mereka terbiasa hidup di jalanan yang keras. 

Sifatnya yang galak hanya untuk melindungi dirinya dari kejahatan manusia atau hewan predator lainnya. Kucing kampung saat ini banyak ditemukan di jalanan, mereka sengaja dibuang oleh pemiliknya. Bahkan ada yang sudah dibuang sejak kecil, sangat miris sekali bukan. 

Semua jenis kucing baik kampung ataupun kucing ras, sama-sama memiliki fisik yang cantik apabila pemilik rajin merawatnya. Bukan hal yang mustahil, apabila kucing ras yang cantik tetapi tidak terawat dengan baik tubuhnya pun akan kotor dan kusan. Jadi, ketika merawat hewan peliharaan seperti kucing kalian perlu memberikan perawatan yang maksim

al dan teratur. Saat ini tidak sedikit pula yang merawat kucing kampung di rumahnya. Biasanya mereka mengadopsi dari jalanan atau bahkan hasil hibahan orang. Merawat kucing kampung justru lebih gampang daripada kucing ras. 

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut, Simak Ulasannya!

Kucing kampung hanya cukup dimandikan dan diberikan vitamin pasti akan bertumbuh dengan cepat. Badannya gemuk dan bersih membuat kucing kampung semakin cantik. Tidak memerlukan perawatan khusus untuk membuat kucing kampung terlihat bersih dan cantik. Perawatan biasa saja sudah mampu merubahnya. 

Apalagi jika kalian membawanya ke petshop untuk perawatan lainnya akan semakin menarik bukan? Masalah yang paling dikeluhkan oleh pemilik kucing yaitu bulunya mudah rontok. Sangat disayangkan sekali, bulu kucing yang cantik selalu rontok dan menyebabkan kebotakan. 

Bagimana cara mengatasinya? Banyak cara untuk mencegah kerontokan pada bulu kucing kampung. Saat dimandikan kalian bisa menggunakan shampo melebatkan bulu kucing kampung. Shampo tersebut akan menguatkan akar bulu dan bahkan bisa membuat bulunya semakin lebat karena tidak rontok. 

Cara agar bulu kucing tidak rontok lainnya yaitu jangan menyisir bulu kucing ketika masih basah. Hal ini sangat rentan sekali bulu kucing tersangkut di sela-sela sisir yang mengakibatkan bulunya mulai rontok parah. Jadi, perlu diperhatikan sekali dalam perawatannya. 

Selain beberapa perawatan lainnya, kalian bisa juga memberikan vitamin agar bulu kucing tidak rontok. Cara melebatkan bulu kucing kampung secara alami juga sering digunakan oleh pemilik kucing. Menurut mereka dengan menggunakan bahan alami, kucing tidak akan mendapat efek samping yang berbahaya untuk kesehatannya. 

Karena kucing kampung mempunyai bulu yang pendek, tapi disini kami akan memberikan tips perawatan untuk melebatkan bulu kucing kampung kalian. Ingin memiliki kucing kampung berbulu lebat seperti anggora dan persia bukanlah hal yang mustahil, kalian hanya cukup memberikan perawatan dengan benar. 

Dibawah ini ada beberapa rangkaian perawatan bulu kucing kampung agar lebat, tidak hanya lebat tetapi juga berkilau serta sehat dan tidak mudah rontok. Penasaran bagaimana cara membuat bulu kucing kampung agar lebat? Berikut caranya. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Birahi, Simak Selengkapnya

Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung Dengan Benar

1. Memandikan dengan teratur

Perlu kalian ketahui, bahwasannya kucing kampung memang sangat jarang dimandikan karena mereka takut dengan air dan ketika dimandikan selalu berontak. Memang benar, tanpa dimandikan sekalipun kucing juga sudah pandai melakukan self-grooming atau pembersihan dirinya sendiri. Tapi, tidak ada salahnya juga jika kalian rutin memandikan kucing kampung. Dengan begitu bulu kucing kampung kalian akan terlihat lebih bagus. 

Sebab, mandi secara teratur bisa menghilangkan kotoran pada tubuh kucing. Kotoran yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi jamur dan menyebabkan kerontokan pada kucing kampung. Selain itu manfaat memandikan kucing lainnya yaitu dapat menyingkirkan bulu rontok yang masih tersisa di kulit mati. Kalian bisa melakukan penjadwalan mandi untuk kucing minimal 1 minggu sekali. Jangan terlalu sering memandikannya, karena dapat menghilangkan minyak alami pada tubuhnya. 

2. Rajin menyisir bulu kucing

Penyisiran bulu kucing tidak hanya berlaku untuk kucing ras saja yang mempunyai bulu lebat dan tebal. Tapi, kucing kampung juga harus diberikan perawatan ekstra seperti penyisiran bulu dan juga grooming. 

Dengan melakukan penyisiran pada tubuh kucing, kalian dapat menyingkirkan bulu rontok agar tidak tertelan kucing yang menyebabkan hairball. Selain itu, manfaat penyisiran bulu kucing ini dapat mencegah bulu rontok tercecer di dalam rumah. Bulu kucing yang sudah mati akan bercampur dengan kotoran. 

Sehingga bisa menyebabkan masalah apabila sudah terlalu lama menempel pada kulit kucing yang akhirnya menjadi sarang parasit dan bakteri. Penyisiran pada kucing baiknya dilakukan seminggu sekali. Sebaiknya penyisiran dilakukan sebelum kucing dimandikan untuk mencegah kerontokan berlebihan. 

Penyisiran yang dilakukan dengan rutin dapat meratakan minyak yang di produksi tubuh kucing, bulunya akan semakin terlihat berkilau dan tampak mengkilap. Apabila bulu kucing yang rontok disingkirkan, maka akan dengan mudah merangsang pertumbuhan bulu lain yang semakin lebat. 

3. Memperhatikan nutrisi pakan

Jika menginginkan kucing kampung berbulu lebat, jangan hanya memberikan rawatan dari luar tetapi dari dalam juga sangat penting dilakukan. Dengan memberikan makanan kucing kampung yang bernutrisi seperti mengandung protein dan lemak yang dapat merangsang pertumbuhan bulu agar semakin lebat. 

Protein berfungsi untuk menumbuhkan dan dapat membentuk jaringan tubuh kucing  serta bisa menjaga kesehatan bulunya. Sedangkan untuk lemak bisa menjadi sumber energi pertama, kandungan lemak seperti asam lemak omega-3 dan 6 dapat menunjang bulu kucing. Dan yang paling disarankan adalah kuning telur ayam kampung matang, bukan mentah. 

Berikanlah maksimal tiga kali dalam seminggu, cukup berikan kuning telurnya saja dan jangan terlalu berlebihan. Jangan berikan putih telurnya, sebab adanya kandungan avidin dapat menganggu penyerapan vitamin B biotin yang dibutuhkan untuk kesehatan bulu dan kulit kucing kampung. 

Selanjutnya minyak ikan juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting bagi kesehatan kulit serta bulu kucing. Termasuk bisa melebatkan bulunya dan mencegahnya dari kerontokan. Bisa juga kalian memberikan vitamin E, yang biasanya di kemas dalam bentuk tablet atau sachet. Vitamin E dipercaya berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga kucing dari paparan sinar UV yang dapat mengeringkan kulit serta bulunya. 

4. Menjaga suhu ruangan

Cara perawatan berikutnya yaitu dengan menjaga suhu ruangan. Kucing mempunyai mekanisme tersendiri dalam menjaga suhu tubuh, yang selalu dikendalikan oleh bulunya. Bulu kucing dapat membantu mengatur suhu tubuh, apalagi jika terlalu panas. 

Pada umumnya kucing mempunyai suhu tubuh sekitar 38 - 39 derajat celcius. Apabila suhu panasnya berada diatas 39 derajat celcius, kucing akan mulai merontokkan bulunya untuk menjaga suhu tubuh. 

Maka dari itu kalian harus menjaga suhu ruangan di mana kucing kampung peliharaan tinggal, supaya bulunya tetap lebat dan sehat. Jangan sampai ruangan tersebut terlalu panas dan dingin, perhatikanlah kebiasaan kucing kampung kalian agar mengetahui suhu yang tepat.

5. Menjaga kucing agar tidak stres

Sama halnya dengan manusia, saat stres bulu kucing juga rentan mengalami kerontokan. Kucing adalah hewan peliharaan yang mudah sekali stres. Kucing yang stres akan mengalami tekanan darah tinggi, sehingga pada saat itulah nutrisi yang dikirimkan tubuhnya akan berjalan lambat. Dan akhirnya akan memberikan dampak pada bulu mereka. 

Bulu kucing akan mulai rontok, tentu saja masalah seperti ini tidak kalian inginkan jika ingin memiliki bulu kucing yang lebat. Apabila kalian melihat tanda-tanda kucing mulai stres, segera menenangkannya dengan memberikan perhatian ekstra. Tetap lakukan perawatan rutin seperti biasa, seperti mengajaknya bermian, menyisir bulunya agar lebih rileks, dan mengelus tubuhnya. 

Penutup

Jadi, itulah pembahasan tentang cara merawat kucing kampung agar bulunya tidak rontok. Sebenarnya sangat mudah sekali dalam perawatannya, hanya saja membutuhkan ketelatenan dan juga konsisten di setiap perawatan yang diberikan. Setiap kucing berhak memiliki bulu yang cantik, mengkilap, berkilau, lebat dan juga tebal. 

Seperti halnya kucing kampung yang memang mempunyai bulu pendek, tapi bukan berarti tidak bisa lebat. Dengan perawatan yang benar, bulu kucing kampung akan mirip dengan bulu kucing anggora atau persia. Lakukanlah perawatan diatas dengan rutin, agar hasilnya semakin maksimal.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga