Widget HTML Atas

Penyebab Hairball Pada Kucing, Simak Ulasannya

Konten [Tampil]

Penyebab Hairball Pada Kucing
Penyebab Hairball Pada Kucing -Halo petlovers!Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar penyebab hairball pada kucing. Tahukah anda apa yang disebut hairbal? Hairbal adalah segumpalan rambut atau bulu yang sering tertelan oleh kucing. Kucing merupakan hewan peliharaan yang mandiri, mereka mampu merawat dirinya sendiri tanpa bantuan siapapun. 

Sehingga, terkadang mereka mengalami beberapa masalah yang tidak diketahui pemiliknya. Salah satu masalah yang sering dialami kucing ketika merawat tubuhnya adalah hairball. Pada kondisi tersebut kucing makan bulu sendiri, sehingga hal ini dapat menyebabkan kucing muntah bulu kuning. Masalah ini mungkin tidak diketahui sebelumnya, karena hanya kucinglah yang dapat merasakannya. 

Namun, kucing tidak memiliki akal untuk berfikir layaknya manusia sehingga mereka tidak menghiraukannya. Saat kucing menelan hairball, biasanya tidak membutuhkan waktu lama akan muntah hairball kucing. Muntahan tersebut biasanya bersamaan dengan kucing muntah bulu dan makanan. Hal ini sangat disayangkan, kucing bisa saja merasa lemas akibat keseringan muntah. 

Jika anda khawatir saat kucing mengalami hairball, anda bisa membeli obat hairball kucing yang sudah banyak dijual di marketplace. Jika tidak mau menunggu terlalu lama, anda bisa membelinya di petshop terdekat. Apakah hairball berbahaya? Tentu saja berbahaya, karena hal ini dapat menganggu sistem pencernaan kucing bahkan hingga menyebabkan kucing sering muntah. ´

Baca Juga : Makanan Penggemuk Kucing Buatan Sendiri

Saat kucing mengalami hairball, anda bisa coba memberikannya makanan kucing hairball yang baik untuk pencernaan dan bulunya. Sebenarnya, dalam merawat bulu kucing ada tekniknya. Jika kucing merawatnya sendiri dengan cara dijilat, otomatis bulu yang rontok akan tertelan. Bulu tersebut akan terkumpul di dalam perut dan membentuk gumpalan. 

Mungkin sebagian besar bulu kucing yang tertelan akan melewati saluran pencernaan dengan lancar tanpa masalah. Namun saat sudah masuk ke dalam perut gumpalan rambut akan terbentuk dan mengganggu saluran pencernaannya. Apabila tidak segera diatasi, maka akan terjadi penyumbatan usus sehingga menyebabkan masalah kesehatan pada kucing anda.

Penyebab Hairball Pada Kucing 

Penyebab kucing menelan hairball adalah karena sering menjilati bulunya yang rontok hingga tertelan. Biasanya kucing akan mengeluarkan hairball dengan memuntahkannya. Gejala umum yang sering terjadi seperti tersedak, hacking, dan muntah-muntah. Namun, kondisi hairball akan terus memburuk saat kucing terus muntah. Selain itu kucing juga akan kehilangan nafsu makan, diare, sembelit, dan kelesuan. 

Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak semakin parah. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi cara mengatasi hairball pada kucing juga supaya anda dapat melakukan penanganan dengan cepat dan tepat.

Cara Mengatasi Hairball Pada Kucing

Memberikan produk obat hairball

Jika anda ingin mengatasi hairball pada kucing peliharaan, cobalah untuk memberikan produk pengobatan komersial khusus hairball kucing. Biasanya produk seperti ini mengandung petroleum jelly di samping bahan aktif dan tidak aktif lain. Obat hairball khusus kucing biasanya bertekstur seperti gel dan berfungsi untuk melemaskan rambut kucing yang tertelan selama proses perawatan untuk mendorong jalan masuk ke usus. 

Selain itu, beberapa produk mengandung bahan pencahar yang ringan untuk membantu bulu kucing keluar melalui fases kucing. Meskipun dirasa sangat mudah, jika anda belum pernah menggunakannya penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep atau saran dokter hewan. Dengan begitu anda akan mengetahui dosis yang tepat untuk pemberian obat pada kucing.

Rajin menyikat bulu kucing

Kucing akan menghabiskan hidupnya untuk tidur dan merawat diri, karena memang kucing sangat pandai merawat dirinya. Meskipun begitu, sebagai pemilik anda harus tetap perhatian pada kucing peliharaan. Apalagi saat bulunya mulai rontok, jangan biarkan kucing menelan bulu rontok tersebut. Sehingga dalam hal ini anda perlu membantunya untuk menyikat bulu rontok.

Menyikat bulu kucing bisa anda lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Apabila kucing anda memiliki bulu yang panjang, mungkin akan lebih sering menyikatnya. Beberapa kucing memang suka disikat, tetapi ada juga yang menolak. Tetapi, jika kucing tetap menolak dan bulunya susah diatur sebaiknya salon khusus hewan untuk merapikan bulu yang rontok.

Memberikan makanan kucing hairball

Untuk mengatasi hairball yang menyusahkan kucing anda, cobalah untuk mengikuti program diet khusus kucing yang dapat mengurangi masalah hairball. Mungkin diluaran sana banyak yang menjual merek makanan kucing yang mempunyai produk untuk mengatasi hairball. Biasanya makanan tersebut sudah diformulasikan secara khusus yang mengandung minyak, mineral, serat, dan vitamin yang dapat mengatasi rambut atau bulu yang tertelan untuk melewati sistem pencernaan kucing secara alami

Memberikan makanan yang tinggi serat

Untuk menjaga saluran pencernaan kucing, anda harus memberikan makanan yang tinggi serat. Meskipun begitu, porsi yang diberikan untuk kucing juga berbeda dari manusia dan hewan omnivora lainnya. Perlu diketahui, ternyata kucing tidak membutuhkan serat dari sayuran. Namun, tetap saja anda harus mencampurkan sumber serat tersebut pada makanannya untuk menurunkan resiko terjadinya bola rambut atau hairball. 

Beberapa makanan yang kaya serat untuk kucing yaitu apel, wortel, labu, dan rumput kucing serta metamucil ( bubuk atau pil serat ). Selain memberikan makanan kaya serat, jangan lupa untuk menjaga asupan minumnya agar sistem pencernaan kucing tetap terjaga dan bergerak dengan normal. 

Penutup

Demikian itulah pembahasan tentang penyebab hairball pada kucing. Itulah penjelasan atau pembahasan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Sebagai pelengkap, kami juga membagikan tips cara mengatasi hairball pada kucing. 

Jika anda sudah mengetahui penyebabnya, maka anda juga harus bisa mengatasinya supaya tidak semakin parah. Sekian artikel pada hari ini., semoga penjelasan diatas dapat anda pahami. Untuk pertanyaan seputar artikel diatas, langsung tulis dikolom komentar. Sampai jumpa dan terima kasih. 

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Hairball Pada Kucing, Simak Ulasannya"