Kenapa Induk Kucing Anggora Tidak Mau Menyusui Anaknya?

Induk Kucing Anggora Tidak Mau Menyusui Anaknya?

Induk Kucing Anggora Tidak Mau Menyusui Anaknya? Halo petlovers! Berjumpa lagi dengan saya di blog jendelapet. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar kucing anggora. Dan di pembahasan hari ini saya akan mengulas tentang pertanyaan kenapa induk kucing anggora tidak mau menyusui anaknya?. Seperti yang kita ketahui bahwa kucing memang salah satu hewan yang paling produktif dan subur. 

Sehingga kucing mempunyai banyak sekali anak, karena dalam sekali melahirkan tidak hanya satu atau dua ekor saja melainkan lima hingga sepuluh ekor anak kucing dapat dilahirkan sekaligus. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan kesukaan semua orang. Selain dijadikan hewan peliharaan, kucing juga dapat menjadi teman bermain dirumah. 

Semua orang percaya dengan memelihara kucing dapat menghilangkan stres saat dirumah. Lalu, pernahkah kalian mengetahui induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya? hal ini biasanya sang anak kucing akan sering mengeong, namun oleh sang induk tetap diabaikan. Jika kalian memelihara kucing betina dirumah dan mempunyai anak pastinya kalian pernah melihat kejadian seperti itu. 

Induk kucing mempunyai peran yang penting untuk pertumbuhan anaknya, apalagi sang anak baru saja dilahirkan. Anak kucing yang baru lahir biasanya membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak, jika asupan nutrisinya tidak tercukupi mungkin saja anak kucing tersebut akan mati karena kelaparan. Induk kucing tidak mau makan dan menyusui. 

Baca Juga : Ciri-Ciri Anak Kucing Anggora Mix Kampung Baru Lahir

Sebagai induk kucing seharusnya mempunyai kewajiban untuk menyusui, merawat dan melindungi anak-anaknya. Kenapa induk kucing tidak mau mendekati anaknya. Cara mengatasi induk kucing tidak mau menyusui anaknya. Tapi kenapa ada juga induk kucing yang tidak mau menyusui anaknya sendiri? Induk kucing bahkan mengabaikannya dan menolak untuk menyusui serta merawat anaknya. 

Mengapa induk kucing meninggalkan anaknya yang baru lahir.  Induk kucing yang bersikap demikian pasti ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dan sebagai pemilik kalian harusnya menyelidiki apa saja masalah yang menyebabkan induk kucing tidak mau mendekati anak-anaknya. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa penyebab induk kucing tidak mau menyusui anaknya. 

Penyebab Induk Kucing Anggora Tidak Mau Menyusui Anaknya, Simak Berikut Ini

1. Induk kucing kelaparan

Kucing biasanya akan melahirkan anak lebih dari satu, terkadang bisa 3 hingga 5 anak yang dilahirkan sekaligus dalam satu kali hamil. Dan disetelah dilahirkan, anak kucing tersebut akan merasakan kelaparan sehingga membutuhkan sang induk untuk menyusuinya. 

Sedangkan sang induk membutuhkan asupan kalori, karena proses menyusui membutuhkan energi tambahan yang sumbernya dari makanan sehari-hari induk kucing. Jika kebutuhannya tidak terpenuhi, induk kucing akan merasa kelaparan dan lemas saat menyusui anaknya. 

Sebab itulah, terkadang sang induk tidak mau menyusui anaknya sampai kenyang karena ia juga sedang kelaparan.Sebagai pemilik kucing yang baik, di saat kucing peliharaan dalam masa menyusui anaknya. Cukupilah kebutuhan makanannya agar sang induk dapat menyusui anaknya. 

Berikanlah makanan untuk induk yang mengandung vitamin dan protein yang cukup serta tinggi nutrisi. Di toko hewan biasanya banyak sekali terjual berbagai jenis merek makanan kucing yang mengandung protein dan nutrisi yang tinggi, ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan harian si induk. Selain tinggi nutrisi pastinya merek makanan tersebut juga sudah halal. 

2. Terlalu banyak memiliki anak

Induk kucing mungkin mempunyai beberapa puting, namun jika anaknya sangat banyak saat menyusui tidak bisa secara bersamaan. Apalagi induk kucing juga tidak mampu memberikan asi untuk semua anaknya karena produksi susu yang tidak begitu banyak. 

Biasanya sang induk akan lebih menyukai anaknya yang lebih besar, kuat dan tidak lemah dengan begitu sang induk akan mengabaikan anaknya yang lebih kecil dan lemah. Jika anak kucing sudah ditolak oleh induknya, maka jangan mnemasukannya lagi dalam satu kandang. Bawalah induk dan anaknya menemui dokter hewans segera mungkin. 

Karena nantinya sang anak yang tidak menyusui dari induknya akan diberikan susu botol dan jangan lupa untuk menyediakan area khusus supaya tetap hangat.

3. Induk kucing sedang sakit

Jika sang induk menolak menyusui anaknya secara tiba-tiba, dapat dipastikan sang induk sedang mengelami masalah kesehatan. Di saat sedang sakit sang induk tidak dapat memproduksi susu yang banyak untuk anaknya. Jika induk kucing sedang mengalami malnutrisi juga dapat memengaruhi kualitas asi karena tidak ada sumber yang dapat diolah. 

Apalagi saat induk kucing mengalami dehidrasi dapat menurunkan kemampuannya dalam menyusui. 
Karena penyakit apapun atau masalah apapun yang menganggu kesehatan induk kucing selama masa menyusui dapat membuat induk kucing tidak mau menyusui anaknya.

Tapi, jika kalian lihat induk kucing masih sehat, tetap bawalah ke dokter hewan serta bawalah anaknya jika sang induk tetap tidak mau menyusui. 

4. Induk tidak mengenal anaknya

Sebagai pemilik kucing pastinya kalian pernah mendengar larangan untuk tidak boleh memegang anak kucing yang baru lahir? Rumor tersebut ternyata benar adanya. Mengapa dianggap benar? Karena pada saat anak kucing baru dilahirkan, sang induk akan mengendusi anaknya satu persatu. 

Dan jika kalian sudah memegang anaknya satu pasti bau tubuh anak kucing tersebut berubah dan berbeda dengan anak kucing lainnya. Sebab itulah snag induk tidak lagi mengenali anaknya. Maka dari itu, jangan memegang anak kucing yang baru lahir ya.

5. Induk kucing belum dewasa

Tanpa kalian sadari banyak sekali kucing muda yang sudah mempunyai banyak anak. Karena itulah, sang induk yang masih sangat muda terkadang tidka mempunyai sikap kedewasaan untuk mengurus anaknya dan menjadi ibu yang baik. 

Apalagi induk kucing yang masih muda terkadang memiliki kendala yaitu kekurangan cadangan energi untuk memproduksi susu karena mereka juga dalam pertumbuhannya sendiri. Kucing anggora betina biasanya dapat hamil muda yaitu sekitar empat bulan. 

Menurut penelitian, hal ini dapat dikatakan masih sangat muda untuk induknya dan untuk anak-anaknya dalam berkembang. 

Penutup

Demikian itulah artikel tentang induk kucing anggora yang tidak mau menyusui anaknya. Jika sang induk mendadak menjauhi anaknya dan tidak mau menyusui anaknya sebaiknya kalian harus mencari tahu masalahanya supaya dapat diselesaikan secepatnya. Dalam hal ini yang paling dirugikan adalah anaknya, selama masa pertumbuhan peran sang induk sangatlah penting. 

Oleh sebab itu sata terjadi masalah pada induk, harus ditangani segera mungkin. Sekian artikel pada hari ini, semoga penjelasan diatas dapat kalian terima dan di pahami dengan baik. Untuk request serta pertanyaan lainnya seputar kucing silakan tulis langsung di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung di blog jendelapet, sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya!





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga