Ketahuilah 5 Jenis Obat Cacing Kucing yang Ampuh Dan Efektif, Serta Cara Pakainya!

 

Ketahuilah 5 Jenis Obat Cacing Kucing yang Ampuh Dan Efektif, Serta Cara Pakainya! -Halo cattey indonesia! Berjumpa lagi dengan saya di blog jendelapet. Apaka kabar sobat kucing? Semoga semuanya selalu diberikan kesehatan ya. Seperti biasa disini saya akan membahas seputar kucing, dimana pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi 5 jenis obat cacing yang ampuh dan efektif untuk kucing beserta cara pakainya. Kucing adalah hewan peliharaan yang sangat lucu, tubuhnya yang gemuk dan pipinya yang chubby membuat banyak orang merasa gemas dengan hewan tersebut. Banyak sekali jenis kucing di indonesia yang bisa sobat temui. Namun, yang paling populer dan mudah dijumpai adalah kucing anggora, persia dan kucing kampung. Kucing kampung banyak sekali yang berkeliaraan di jalanan, entah itu milik orang yang sengaja diliarkan atau memang tak bertuan. 

Jika diperhatikan, akhir-akhir ini banyak sekali kucing yang kekurangan gizi padahal asupan makanan sudah terpenuhi setiap harinya. Kekurangan gizi tersebut tidak hanya terjadi pada kucing jalanan saja, tetapi juga pada kucing rumahan. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata penyebab kucing mengalamin kekurangan gizi adalah karena cacingan. Jadi, dapat dipastikan bahwa cacingan tidak hanya terjadi pada manusia namun hewan pun juga dapat mengalaminya. Banyak sekali penyebab cacingan pada kucing, salah satunya karena tidak menjaga kebersihan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ketika memelihara kucing sebagai pemilik harus rajin membersihkan kandang dan perlengkapan kucing lainnya supaya terhindar dari bakteri yang bersarang. 

Selain kebersihkan peralatan kucing, menjaga kebersihan tubuh kucing juga sangat penting dan wajib di prioritaskan. Jika kebersihan tidak dijaga dan diterapkan dengan baik, tentunya berbagai penyakit akan lebih mudah menyerang kucing. Salah satu penyakit yang sering terjadi akibat tidak menjaga kebrsihabn adalah cacingan. Biasanya cacingan terjadi akibat kontak telur cacing yang terdapat di kotoran. Kucing yang terkena cacingan biasanya akan mengalami perubahan fisik yang drastis seperti badannya yang mulai mengurus, kehilangan nafsu makan dan kucing mudah lelah. Telur cacing tersebut akan masuk ke dalam tubuh kucing, kemudian menyerang pencernaan yang dapat menganggu kesehatan kucing. Dengan begitu, sobat harus mengetahui gejala apa saja yang muncul ketika kucing terkena cacingan. 

Selain wajib mengetahui gejalanya, sobat juga harus mengetahui obat cacing khusus kucing apa saja yang dapat diberikan untuk mengatasi penyakit tersebut. Sebelum membahas tentang obatnya, alangkah baiknya sobat mengetahui gejala cacingan pada kucing. 

Baca Juga : Mari Mengenal Kucing Berdasarkan Jenisnya, Perlu Diketahui Nih!

Inilah Gejala Cacingan Pada Kucing

Sebelum membahas obat cacing yang cocok untuk kucing, alangkah baiknya jika sobat mengetahui gejala cacingan terlebih dahulu. Cacingan adalah gangguan penyakit yang menyerang pencernaan kucing dan disebabkan oleh parasit cacing. Cacing dapat berkembang dan bisa menganggu kesehatan kucing. Terdapat banyak sekali jenis cacing yang menyerang kucing seperti cacing pita, cacing tambang dan cacing gelang. Adanya infeksi pada kucing menunjukkan beberapa gejala yaitu :
 
  •  Kucing akan selalu merasa lapar
  • Muntahan terdapat cacing
  • Bulu kusam
  • Gusi pucat
  • Kesulitan bernafas
  • Kotoran yang berubah gelap
  • Dehidrasi
  • Kucing sering menyeret pantatnya
  • Nafsu makan mulai menurun
  • Kucing terlihat6 lemas dan lesu
  • Berat badan kucing menurun

 Baca Juga : Inilah Gejala Scabies Pada Kucing, Berikut Cara Mengatasinya

Jenis Obat Cacing Ampuh Untuk Kucing Cacingan

1. Wormix

Wormix adalah salah satu obat cacing tyang banyak direkomendasikan untuk mengatasi cacingan paling efektif untuk kucing. Jenis obat wormix merupakan salah satu obat tetes yang cepast diserap oleh lembung cacing. Obat yang satu ini sangat cocok untuk mengatasi cacingan berat pada kucing. Sobat harus memberikan obat cacing tersebut selama 3 hari berturut-turut dan lihatlah bagaimana hasilnya. Sebaiknya berikanlah obat cacing tersebit 2 atau 3 jam sebelum kucing mulai makan. Sebagai langkah pencegahan, sobat boleh memberikan obat cacing tersebut 1 atau 2 bulan sekali supaya kucing terhindar dari cacingan. Berikut ini aturan pakainya : 
 
  • Berat badan 4 kg : 30 ml atau 1 botol
  • Berat badan 2 kg : 10 ml
  • Berat badan 3 kg : 20 ml
  • Berat badan 0,5-1 kg  1 sdt

2. Catyzole drop

Obat cacing selanjutnya yang tak kalah efektif adalah catyzole drop. Obat yang satu ini dikenal sangat ampuh untuk membunuh cacing yang ada dalam tubuh kucing. Sobat bisa memberikan obat cacing tersebut 3 kali sehari 2 jam sebelum makan. Untuk pencegahan sobat boleh memberikan obat tersebut 1 atau 2 bulan sekali. Berikut ini adalah dosis pemakaian untuk kucing: 

  • Berat badan 6 kg : 1 sdt
  • Berat badan 12 kg : 50 ml
  • Berat badan 3 kg : setengah sdt

 3. Pet derm

Obat cacing yang tidak kalah ampuh berikutnya adalah petderm. Obat yang satu ini juga dapat menghilangkan berbagai jenis cacing yang bersarang dalam tubuh kucing. Mulai dari cacing gelang, cacing pita, cacing tambang dan cacing cambuk. Obat yang satu ini mengandung bahan aktif seperti pyrantel, praziquantel dan febantel yang aktif merusak kulit parasit. Berikut pemakaian obat petr derm yang disesuaikan dengan berat badan kucing :
 
  • Perlu diketahui bahwa 1 tablet per 10 kg berat badan 
  • Kurang dari 6-10 kg : 1 tablet
  • Kurang 2 kg : seperempat tablet
  • Kurang 2-5 kg : setengah tablet

4. Drontal cat

Dari banyaknya jenis obat yang sudah dijelaskan obat yang bisa sobatb gunakan dan sangat ampuh adalah drontal cat. Obat yang satu ini dapat membantu membasmi cacing pada sistem pencernaan kucing secara optimal. Drontal cat merupakan obat tablet yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan berat badan kucing. Berikut penjelasan pemakaiannya : 
 
  • Berat badan 6 kg : 1 setengah tablet
  • Berat badan 4 kg : 1 tablet
  • Berat badan 2 kg : setengah tablet
 
 Sebaiknya berikanlah obat ini minimal 3 bulan sekali untuk membantu pencegahan pada penyakit cacingan yang sering menyerang kucing. Karena penyakit cacingan bisa terjadi kapan saja tanpa sobat ketahui. Maka dari itu untuk mewaspadai alangkah baiknya kucing diberikan obat cacingan. 

5. Albenworm

Obat cacing albenworm juga sangat bagus untuk mengatasi cacaingan pada kucing yang tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Jenis obat ini dapat membantu membasmi cacing dan parasit yang bersarang di tubuh kucing. Obat cacing tersebut bisa sobat berikan setiap dua kali sehari setiap 2 hingga 3 bulan sekali. Tetapi, jangan berikan obat ini pada kucing betina yang sedang hamil. Berikut aturan pakai pada obat albenworm pada kucing : 

  • Anak kucing : Berikanlah 5 sendok teh untuk kucing yang berbobot 5 kg
  • Kucing dewasa : Berikanlah 2,5 ml ( 1,5 sendok teh ) per 10 kg berat badan kucing

 

 Baca Juga : Viral! 10 Cara Melebatkan Bulu Kucing Secara Alami , Terlihat Rapi, Bersih dan Terawat

 

 

Penutup

Demikianlah beberapa gejala dan obat cacingan pada kucing yang ampuh dan efektif. Sangat penting menjaga kebersihan kandang dan tubuh kucing untuk terhindar dari bakteri parasit yang menyerang. Jangan lupa untuk memberikan obat cacing setiap 1 atau 3 bulan sekali sebagai langkah pencegahan sebelum kucing terserang cacingan. Baiklah, sekian artikel pada hari ini semoga penjelasan dan informasi diatas dapat membantu sobat yang kucingnya sedang cacingan. Sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya, terima kasih. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga