Gawat! Inilah 6 Jenis Kucing Indonesia yang Terancam Punah

 

Gawat! Inilah 6 Jenis Kucing Indonesia yang Terancam Punah -Hallo semuanya, berjumpa lagi dengan saya si blog jendelapet. Di mana pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kucing di indonesia yang hampir punah. Banyak sekaliorang yang mengetahui beberapa jenis kucing di indonesia, apalagi orang yang tempat tinggalnya di perkotaan. Namun, tahukah sobat bahwa di perkotaan sekarang ini banyak didominasi kucing dari luar negeri. Contohnya seperti : kucing anggora, persia dan himalaya.

Tapi, bagi sebagian orang yang tidak tinggal di perkotaan hanya mengetahui jenis kucing kampung yang berasal dari indonesia. Kucing kampung sangat jarang sekali peminatnya, padahal di negara tercinta ini ada banyak sekali jenis kucing kampung yang eksotis. Sangat disayangkan, ada beberapa kucing indonesia yang terancam punah. Lalu, jenis kucing apa saja yang terancam punah? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga: Mengapa Kucing Selalu Berkelahi?Berikut Fakta yang Harus Diketahui!

Berikut Beberapa Kucing Indonesia yang Terancam Punah

1. Kucing Emas

Kucing yang hampir punah salah satunya yaitu kucing emas. Kucing emas ini sering dijuluki sebagai " Harimau Kijang " dan di percaya memiliki kekuatan magis oleh masyarakat sumatera. Sebelumnya, kucing emas tersebut sudah dinyatakan punah pada tahun 2005. Namun, akhirnya kucing emas tersebut tertangkap kamera di area way kambas. Untuk jumlahnya memang belum diketahui untuk saat ini, tapi jika terus dilakukan pemburuan liar populasinya akan semakin menurun. Sebaiknya kucing asli indonesia ini harus dilindungi pemerintah. 

2. Kucing berkepala datar


Pada tahun 2008, kucing berkepala datar atau flat headed cat sudah dinyatakan sebagai hewan yang hampir punah oleh IUCN. Dengan perkiraan, kucing tersebut hanya ada 2.500 ekor saja pada tahun 2008 lalu. Selain memiliki bentuk kepala yang datar, kucing tersebut banyak tersebar di pulau sumatera. Dengan memiliki corak tubuh yang kemerahan dibagian dahi dan ada bintik putih pada bagian perut. 
 

3. Kucing batu
 

 Selanjutnya, yaitu kucing batu. Tahukah sobat tentang kucing batu? Kucing batu tersebut dikenal sebagai pemanjat ulung dan merupakan hewan yang dilindungi undang-undang di indonesia. Kucing batu tersebut banyak tersebar di negara asia selatan. Untuk jumlah populasinya saat ini hanyalah 10.000 ekor. Tapi, jumlah populasinya dikabarkan akan terus menurun karena adanya kebakaran dan alih fungsi hutan. 

4. Kucing bakau

Kucing bakau adalah salah satu hewan yang bisa sobat temui di hutan bakau. Karena seperti namanya kucing bakau biasa hidup di sekitar hutan bakau, rawa-rawa dan tepian sungai di pulau jawa. Biasanya kucing sangat takut dengan air, tapi berbeda dengan kucing bakau ini. Mereka justru sangat pandai dalam berenang dan menyelam untuk menangkap mangsanya yaitu ikan, udang dan katak. 

Kucing bakau atau disebut fishing cat ini sudah dilindungi oleh IUCN dan juga peraturan pemerintah nomor 7 tahun 1999. Dan saat ini, kucing bakau tersebut telah dikonservasi di area suaka marga satwa di way kambas sumatra. 
 

5. Kucing merah


Kemudian dilanjut dengan kucing merah. kucing merah juga memiliki nama lain seperti borneo bay cat yang merupakan salah satu hewan endemik dari pulau kalimantan, Hewan berbulu yang memiliki warna merah seperti namanya ini dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh Union For Conservation Of Nature ( IUCN). 
 

6. Kucing hutan


 
Kemudian yang terakhir adalah kucing hutan. Kucing hutan ini memiliki nama ilmiah yaitu Asian leopard cats, karena memiliki corak tubuh seperti macan tutul tersebut merupakan kucing asli dari indonesia. Kucing hutan memiliki tiga jenis yang banyak tersebar di pulau jawa, sumatera dan kalimantan. Dan menurut IUCN ancaman kepunahan kucing hutan masih dibilang rendah. Namun, tetap saja kucing hutan ini juga termasuk hewan yang dilindungi, jadi tidak boleh dipelihara ya sobat. 
 
 
 
 

Penutup

Demikian itulah beberapa kucing yang hampir punah di indonesia. Sangat disayangkan ya sobat, kucing asal indonesia yang sangat eksotis dan unik terancam punah. Semoga saja tidak ada perburuan liar terhadap kucing atau hewan lainnya. Supaya fauna endemik yang ada di indonesia tetap lestari. Sekian artikel kali ini, untuk request dan pertanyaan silakan tulis dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung diblog jendelapet. Sampai jumpa!



 

 

 

 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga