Widget HTML Atas

Tahukah Kalian Tentang Kantung Primordial Pada Kucing? Ini Fungsinya!

Konten [Tampil]

 

Tahukah Kalian Tentang Kantung Primordial Pada Kucing? Ini Fungsinya! -Jumpa lagi dengan saya di blog Jendelapet.com. Seperti biasa masih membahas seputar kucing, kali ini saya akan membahas tentang kantung primordial pada kucing. Salah satu ciri khas kucing yang gemuk adalah memiliki perut buncit atau terlihat cukup besar dari kucing lainnya. Perut kucing ini, terlihat seperti menggantung dibawah perut bagian depan kaki belakang kucing. Namun, perut kucing yang menggantung tidak semua menandakan bahwa kucing mengalami kegemukan ya sobat. 

Ternyata, perut buncit yang menggantung pada bagian bawah kucing merupakan primordial pouch atau kantung primordial yang normal dimiliki oleh kucing. Lalu, apa sih kantung primordial? Dan apa fungsi kantung primordial itu? Coba sekarang sobat perhatikan bagian perut kucing peliharaan dirumah, apakah ada bagian perutnya yang menggantung tapi tidak keras atau kencang. 

Nah, jika sobat sudah menemukan perut yang menggantung dan terasa seperti lapisan kulit atau lemak yang berlebih, jadi itulah yang dinamakan kantung primordial. Kantung primordial merupakan lapisan kulit atau lemak yang berlebih berada di bawah perut kucing, tepatnya dibagian bawah kaki belakang kucing. Kantung primordial ini bertekstur lembek dan terasa seperti balon yang kempes atau balon berisi air. 

Disaat kucing berjalan, kantung primordial ini ikut bergerak dan bergoyang. Tapi, sobat jangan khawatir dengan adanya kantung primordial pada perut kucing ini. Karena semua jenis kucing pasti memiliki kantung tersebut, selain itu kantung primordial juga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kucing. 


Baca Juga

-Berikut Ini Penyebab Anak Kucing Tidak Mau Makan, Mari Simak Ulasannya

- Cara Mengatasi Anakan Kucing yang Susah Makan, Simak Berikut Ini!

- Kucing Tersesat Bisa Pulang Lagi? Bagaimana Kucing Bisa Kembali Setelah Tersesat?


Fungsi Kantung Primordial Pada Kucing

Walaupun dilihat seperti kelebihan lemak pada bagian perut, tapi ternyata kantung primordial pada kucing memiliki beberapa fungsi dan manfaat bagi tubuh kucing. Menurut peneliti, setidaknya terdapat tiga fungsi pada kantung primordial, meskipun fusngsi tersebut belum diketahui secara pasti. Fungsi kantung primordial yang pertama yaitu melindungi organ tubuhnya ketika kucing bertarung dengan kucing atau hewan lain. 

Biasanya saat bertarung, kucing akan saling menendang perut bagian belakangnya seperti yang dilakukan kelinci saat bertarung. Nah, kantung primordial yang merupakan lapisan atau lipatan kulit ini berfungsi sebagai pelindungan organ tubuh kucing. Selain itu, kantung primordial juga berfungsi untuk membantu kucing kabur dari musuhnya saat musuh sedang memegang kantung primordial tersebut.

Fungsi selanjutnya adalah dapat membantu kucing memanjangkan tubuhnya saat berlari, kantung primordial akan membantu kucing lebih mudah saat mereka mengejar mangsanya. Tidak hanya membantu berlari, kantung primordial ini juga membantu kucing berjalan serta melompat dengan cepat. 

Fungsi terakhir dari kantung primordial ini adalah untuk menyimpan cadangan makanan ekstra di perutnya. Saat kucing berada di alam liar, kantung primordial berfungsi untuk menyimpan makanan ekstra. Maka dari itu, kucing dapat bertahan selama berhari-hari tanpa memakan apapun. Saat kucing tidak makan, kucing menggunakan cadangan makanan yang berada di kantung untuk memenuhi kebutuhan energinya. Apalagi jika kucing habis makan dengan porsi yang besar pasti kantung primordial ikut membesar. 




Penutup

Demikian itulah penjelasan tentang kantung primordial dan fungsinya. Jadi, jangan sampai salah ya itu bukan perut kucing yang buncit atau kegemukan tapi kantung primordial. Sekian artikel kali ini, untuk pertanyaan dan request boleh tulis dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa sobat petlovers!

Tidak ada komentar untuk "Tahukah Kalian Tentang Kantung Primordial Pada Kucing? Ini Fungsinya!"