Ternyata Inilah Penyebab Kucing Obesitas dan Cara Mengatasinya, Simak Selengkapnya!

 


Ternyata Inilah Penyebab Kucing Obesitas dan Cara Mengatasinya, Simak Selengkapnya! -Hallo petlovers pada artikel kali ini saya akan membahas penyebab kucing mengalami obesitas dan cara mengatasinya. Kucing juga sama seperti manusia mereka juga bisa mengalami obesitas, tentunya juga berbahaya untuk kesehatan kucing. Namun, pastinya bagi kebanyakan orang jika kucing gemuk pasti terlihat menggemaskan. Anda harus waspada dengan penyakit berbahaya yang selalu mengintai kucing yaitu berat badan berlebih yaitu obesitas. 

Obesitas yang dialami oleh kucing bisa menyebabkan kematian pada kucing, selain itu, saat kucing obesitas penyakit-penyakit kronis lainnya akan muncul dan menyerang tubuh kucing. Jika lemak pada tubuh kucing lebih dari 20%, maka kucing bisa dikatakan obesitas. Oleh karena itu, anda harus mengetahui penyebab kucing obesitas dan cara penanganannya agar kucing terhindar dari berbagai penyakit.

Sebelum membahas cara mengatasi kucing yang obesitas, yang perlu anda ketahui sekarang yaitu penyebab kucing mengalami obesitas. Anda harus mengetahui cara diet sehat yang aman untuk kesehatan kucing. Hal yang paling penting anda ketahui, yaitu tentang berat badan ideal yang sesuai dengan rasnya. Karena sebagian jenis kucing memiliki bulu yang lebat dan tubuh yang besar. 

Selanjutnya yaitu kenali gejala obesitas pada kucing yang bisa anda lihat di bagian ujung pangkal ekor, apakah ada benjolan yang terlihat di kedua sisi pangkal ekor. Saat kucing anda obesitas, anda tidak bisa melihat pinggang kucing dari atas. Dan saat anda raba, anda tidak dapat merasakan menyentuh tulang rusuk dan tulang belakangnya. Berikut ini adalah penyebab kucing obesitas, simak artikel berikut ini.

 

Penyebab Kucing Obesitas

  • Kucing yang sudah dikebiri, kurangnya laju metabolisme
  • Kurangnya aktivitas
  • Pemilihan jenis makanan
  • Usia kucing
  • Efek samping dari obat
  • Kondisi medis 

Untuk melakukam diagnosa kucing anda yang mengalami obesitas, anda harus  segera membawa kucing ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Selanjutnya, dokter akan memeriksa pada fisik kucing, apakah mengalami obesitas atau tidak. Berat badan pada kucing berbeda pada setiap jenis nya, maka dari itu anda harus memeriksakan nya pada tenaga yang profesional. 

Lalu, dokter akan melakukan tes diagnosis dengan mengambil sempel darah kucing. Hal tersebut dilakukan supaya mengetahui penyebab kucing obesitas, bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi atau penyakit. 


Cara Mengatasi Obesitas Pada Kucing

1. Diet Kucing

Jika kucing anda memang obesitas, dokter hewan akan menyarankan untuk melakukan program penurunan berat badan. Semua proses harus dilakukan dengan bertahap dan terkontrol. Pasti anda tidak mau jika kucing kekurangan gizi di kemudian hari, maka lakukanlah pengurangan makanan secara bertahap. 

Sebenarnya, diet kucing tersebut harus didampingi oleh orang yang sudah profesional. Tapi tidak masalah selama program tersebut dijalankan, anda harus lebih sering berkonsultasi pada dokter hewan untuk perkembangan kucing anda.

2. Pengobatan Medis

Biasanya penyebab kucing obesitas yaitu karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, tentunya dokter akan menghentikan penggunaan obat tersebut dan mencari pengobatan alternatif lain. Nantinya, doket akan memberikan rekomendasi yang tepat tentang obat yang dapat menyembuhkan penyakit dan dapat mengurangi berat badan. 

3. Makanan Kucing

Makanan kucing yang banyak dijual ditoko sangatlah bervariasi, setiap produk memiliki kualitas yang berbeda. Mungkin ada beberapa yang memiliki tambahan gula yang tidak diperlukan, dan yang lainnya bisa saja tinggi lemak. Makanan kalengan untuk kucing justru lebih rendah kalori, karena mengandung banyak air dan tentunya sangat mudah dicernah oleh kucing, banyak juga kucing yang menyukainya.

Banyak sekali pemiliki kucing yang beralih ke makanan basah, dengan memberikan porsi yang lebih besar dibandingkan dengan makanan kering. Anda harus memperhatikan makanan yang diberikan pada kucing, dan jika tidak ada perubahan lakukanlah perubahan jadwal dan porsi makanan secara bertahap.
 

 4. Porsi Makanan Kucing

Penyebab paling utama kucing yang obesitas yaitu dari porsi makanannya, anda bisa saja memberikan porsi makanan yang berlebihan. Mulailah mengukur porsi makan mereka dengan cangkir atau timbangan. Jangan memberinya cemilan di luar jam makan, pastikan anda sudah menyiapkan jadwal makan yang tepat sesuai kebutuhan kucing.
 

5. Aktivitas Kucing

Kucing yang obesitas tentunya sangat senang tiduran atau rebahan dan bermalas-malasan, dengan begitu mereka jareang sekali bergerak. Selain melakukan pembatasan kalori harian pada kucing, dan melakukan program diet olahraga juga sangat penting. Memberinya nutrisi yang cukup dan berkualitas, tidak akan membuat kucing kekurangan gizi. 
 
Pastinya ada banyak sekali pilihan agar membuat kucing bergerak tapi tidak harus skeluar rumah.  Anda bisa mengajaknya bermain di dalam rumah, berikanlah mainan yang menarik perhatiannya. 


Penutup 

Demikian itulah penyebab kucing mengalami obesitas dan cara mengatasinya, bagi anda yang menyukai artikel ini jangan lupa share sebanyak-banyaknya. Dan jika anda memiliki saran atau kritikan tentang artikel ini bisa tulis dikolom komentar. Terima kasih.
 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga