Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Bulu yang Rontok Pada Kucing

 


Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Bulu yang Rontok Pada Kucing -Hallo petlovers! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi bulu rontok pada kucing. Bagi anda pecinta kucing, pasti sangat senang bukan jika memiliki kucing yang berbulu lebat. Kucing yang memiliki bulu lebat pasti terlihat sangat menggemaskan dan lucu. Anda pasti akan terus merawatnya dengan baik agar bulu kucing tetap sehat dan lebat. 

Namun, biasanya bulu kucing mengalami kerontokan. Kerontokan tersebut mungkin sangatlah wajar, tapi pastinya juga ada penyebabnya mengapa bulu kucing rontok. Ada banyak faktor yang menyebabkan bulu kucing menjadi rontok, entah dari faktor makanan atau penyakit yang menyerang tubuh kucing. 

Kerontokkan pada bulu kucing bisa disembuhkan dengan obat bulu kucing agar tidak rontok. Tapi, tidak semua jenis obat tersebut cocok untuk si kucing. Sebaiknya, anda harus berkonsultasi pada dokter hewan tentang masalah tersebut. Penyebab kerontokan pada bulu kucing bisa juga disebabkan oleh makanan penyebab bulu kucing rontok. 

Jika si kucing tidak cocok dengan makanan tersebut, bisa jadi kucing akan mengalami alergi pada tubuhnya sehingga mengalami kerontokan bulu. Rontok pada bulu kucing juga bisa disebabkan karena kucing mengalami jamuran atau scabies. Jamuran tersebut disebabkan karena kotornya tubuh kucing, kucing yang jarang sekali dimandikan akan terserang banyak penyakit dan bakteri. 

Oleh karena itu jagalah kebersihan pada kucing, memandikannya secara teratur dan selalu membersihkan kandangnya. Dengan begitu kucing anda akan terhindar dari scabies atau jamuran. 


Berikut Ini Penyebab Bulu Kucing Rontok

  1. Alergi

Penyebab kerontokan bulu yang dialami kucing, bisa disebabkan karena alergi.  Kucing juga sama seperti manusia, mereka juga bisa mengalami alergi yang disebabkan karena makanan, gigitan serangga, obat-obatan atau serbuk sari bunga dan debu. 

Biasanya jika terjadi alergi, kucing akan menjilat-jilati tubuhnya sampai ada bintik-bintik botak. Jangan khawatir, sangat mudah kok dalam mengobatinya. Cukup anda berikan obat secara rutin sampai beberapa hari kedepan. 

      2. Parasit

Parasit yang menyerang kucing yaitu kutu dan tungau, yang membuat kucing akan terus menggaruk dan menjilati tubuhnya secara berlebihan sehingga menyebabkan bintik-bintik dan luka pada tubuh kucing. Kucing tidak hanya menjilati tetapi mereka juga mencabut bulu sampai ke akar-akarnya.

Sering sekali kutu dan tungau menyerang kucing, yang menyebabkan kucing selalu menjilati tubuhnya yaitu karena kucing sangat hipersensitivitas dengan antigen yang ada pada air liur kutu. Karena jika air liur kutu menempel pada kulit kucing rasanya akan sangat gatal, dan sebaiknya hal tersebut membutuhkan penanganan yang serius. 

      3. Rasa Sakit

Faktor selanjutnya yaitu dikarenakan kucing merasa gatal akibat jaringan dibawah kulit yang sedang sakit. Mungkin saja penyebab penyebab bulu kucing rontok karena mereka terus menjilati persendian yang merasa nyeri. 

      4. Infeksi Kurap

Penyebab selanjutnya yaitu terjadinya infeksi kurap dan jamur, dengan pertanda bulu kucing hilan dan kulitnya bersisik. Biasanya dokter hewan akan memberikan salep dan obat anti kutu untuk kucing.

     5. Stress dan cemas

Kucing juga bisa merasa stress dan cemas, ketika kucing cemas mereka akan lebih bersikap agresif dan mencakar dirinya sendiri. Kucing yang stress akan terobsesi untuk mencakar dirinya sendiri, seperti mengorek perut, samping dan kakinya. 

Jika hal tersebut terjadi, anda bisa segera memberikan penanganan serius untuk lukanya. Dan jangan lupa tanyakan pada dokter hewan apakah perlu memberinya antidepresan. 

 

Inilah Cara Untuk Mengatasi Bulu Kucing Rontok

1. Pangkaslah Bulu Kucing

Ketika bulu kucing anda sangat lebat, sebaiknya potonglah sedikit bulunya agar terhindar dari kerontokkan bulu. Dan kucing anda akan terlihat lebih cantik dan menawan, kebersihan kucing pun juga tetap terjaga. 
 

2. Perawatan Seperti Biasanya

Rawatlah kucing anda dengan baik, memberikannya makanan yang bergizi dan vitamin yang cukup. Jangan lupa juga untuk selalu memberinya kasih sayang karena anda adalah pemiliknya. Karena cara tersebut juga bisa mencegah kucing mengalami stress. 
 

3. Mengganti Jenis Makanan yang Cocok Untuk Kucing

Belilah makanan kesukaan kucing, pastikan kucing anda  cocok dengan makanan tersebut. Dan jangan lupa untuk mengecek kandungan gizi dalam produk makanan nya. 
 

4. Mengganti Produk Shampo yang Digunakan Kucing

 Pilihlah shampo yang cocok untuk kulit kucing, sebaiknya shampo yang tidak mengandung detergen. Karena detergen yang terdapat poada shampo bisa menyebabkan kucing mengalami iritasi dan gatal. Dan kemudian bulunya pun menjadi rontok. 
 

5. Menyisir Bulu Kucing 

Dengan menyisir bulu kucing, akan memberinya banyak manfaat yaitu dapat mencegah adanya tungau dan kutu dengan menggunakan sisir khusus, dapat melancarkan sistem metabolisme, relaksasi seperti dipijat.


Penutup

Demikian itulah cara mengatasi kerontokan bulu kucing dan cara mengatasinya. Jika anda memiliki saran bisa tulis dikolom komentar terima kasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga