Inilah Tips Jitu Untuk Mengatasi Kucing Yang Sedang Stress, Simak Selengkapnya!


Inilah Tips Jitu Untuk Mengatasi Kucing Yang Sedang Stress, Simak Selengkapnya! -Hallo petlovers! Pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi kucing yang sedang stress. Seperti yang kita ketahui, bahwa kucing termasuk salah satu jenis hewan yang mudah peka dan sangat sensitif dengan keadaan lingkungan yang ada di sekitarnya. Karena mereka terlalu memikirkan kondisi di sekelilingnya, malah membuatnya menjadi stress. Hal ini akan sangat menyebalkan jika terjadi, karena jika kucing stress akan menimbulkan masalah lainnya seperti kesehatan nya terganggu.

Jika kucing kita stress pasti akan sulit makan, kucing menjadi mudah cemas, kemudian menjadi sakit dan akhirnya mati mendadak. Kucing yang stress tidak bisa diatasi dengan mudah atau dalam waktu yang singkat. Kita harus sabar memberinya perawatan agar bisa pulih dan kondiinya membaik lagi. Maka dari itu, kita harus ekstra sabar untuk melakukan perawatannya, jangan sampai kita ikutan stress juga. 

Kucing yang sedang mengalami stress, pasti akan bersikap menjadi cenderung menyebalkan dan merepotkan. Jika kita tidak ingin kucing kesayangan stress, penting bagi kita pemilik kucing harus mengurangi pada si kucing sesering mungkin. Faktanya, stress yang dialami kucing bisa berdampak negatif untuk kesehatan emosional dan fisiknya. 

Jika stress yang dialami kucing, dibiarkan tanpa dilakukan penanganan akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress pada kucing?


Berikut Ini Beberapa Tips Untuk Mengatasi Kucing Stress

1. Memperhatikan Kesehatan Kucing

Pastikan kita sudah mengatur jadwal untuk rutin ke dokter hewan, jangan sampai melewatkan jadwal tersebut. Jika masalah tersebut diketahui sejak dini, maka akan memberikan peluang keberhasilan dalam pengobatan dan perawatannya. Kita juga harus selalu memperhatikan rutinitas kesehatan ketika kucing dirumah, contohnya dengan memberikan nutrisi yang baik untuk kucing, mengendalikan adanya parasit, perawatan pada gigi kucin, dan perawatan kuku.

2. Mencegah Kucing Stress Saat Berkunjung Ke Dokter Hewan

Alasan paling umum ketika kucing mengalami stress yaitu karena tidak mau dibawa ke dokter hewan seperti anjing. Tetap tenang, kita bisa mengatasi stress dengan beberapa cara. Caranya yaitu, pertama kita harus bisa membuat kucing nyaman dengan carrier. Jangan lupa untuk meletakkan camilan kucing di dekatnya secara berkala. Hal tersebut termasuk cara yang ampuh untuk mengatasi kucing panik ketika adanya dokter hewan. 

Ketika kita sedang ke klinik, selalu usahakan untuk tetap membawa handuk ekstra yang bisa digunakan untuk menutupi bukaan pada tas carrier. Karena jika ditutupi dengan handuk, bisa memberikan privasi bagi kucing kita. Saat kita menunggu di ruang tunggu, kita bisa memegang tas carrier di pangkuan atau di letakkan di kursi sebelah. Jangan sampai meletakkannya di lantai karena akan membuat kucing menjadi lebih stress.

3. Lakukanlah Pelatihan Kucing Secara Konsisten

Mengurangi stress pada kucing bisa anda lakukan dengan memastikan bahwa semua orang yang ada dirumah memiliki pemahaman yang sama tentang pelatihan pada kucing. Usahakan, jangan sampai ada salah satu keluarga yang memiliki pemahaman pelatihan yan berbeda. Karena jika semuanya berbeda dan tercampur di otak kucing, malah akan membuatnya tambah stress. Jadi kita harus memberikan pelatihan yang baik dan harus konsisten.

4. Menciptakan Waktu Makan yang Tenang 

Kita harus memberikan makanan yang memiliki kualitas nutrisi yang tinggi dan disesuaikan dengan kesehatan kucing. Selanjutnya, yang anda lakukan yaitu menyiapkan jadwal makan yang tepat dan selalu menjaga tempat makan tetap dalam kondisi bersih juga nyaman. Kita harus memastikan bahwa tempat makan kucing nyaman bagi mereka, sehingga tidak menyebabkan kumisnya terjepit.

Tempatkan area yang tepat untuk kucing makan dan bebas dari keramaian. Jika kita memiliki banyak kucing, siapkan makanan di masing-masing mangkuk yang berbeda. Dan jika diperlukan, pisahkan lah mereka sementara agar mengurangi stressnya.

5. Memberikan Kebebasan Berinteraksi Sosial Dengan Kucing Lain

Kita tidak boleh memaksakan kucing untuk berinteraksi, Biarkan saja kucing yang mengatur dirinya sendiri, seberapa cepat mereka berkecimpung dengan interaksi sosial. Jangan memaksa menyentuh atau membelai kucing, jika mereka tidak menginginkannya. Kita harus membiarkan pengalaman positif tentang interaksi sosial, sehingga kucing akan menjadi lebih ramah. 


Penutup

Demikian itulah cara mengatasi stress pada kucing kesayangan yang bisa kita lakukan dirumah. Jika cara diatas tidak bisa membuat kucing kita membaik, kita harus segara membawanya ke dokter hewan. Baiklah, sekian artikel kali ini jika ada yang ingin menyampaikan pertanyaan bisa tulis dikolom komentar. Terima kasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga