Bolehkah Kucing Betina Mengonumsi Pil KB Agar Tidak Hamil? Ini Penjelasannya!

 


Bolehkah Kucing Betina Mengonumsi Pil KB Agar Tidak Hamil? Ini Penjelasannya! -Hallo petlovers! Pada artikel kali ini saya akan membahas apakah kucing betina boleh mengonsumsi pil KB. Kucing merupakan hewan peliharaan yang disukai banyak orang, pastinya kita sangat senang jika melihat tingkah laku kucing yang lucu. Biasanya, kucing yang masih kecil sangat senang bermain. Mereka sering berlari-larian di halaman rumah dan pura-pura bertengkar dengan saudaranya. Sehingga memelihara kucing bisa membuat bahagia dan mood kita menjadi bagus. 

Tapi, pastinya kita pernah merasakan jika terlalu banyak memiliki kucing dirumah akan kerepotan ketika mengurusnya. Apalagi jika hamil pasti tidak hanya ada satu anak yang lahir, bisa ada lima atau lebih. Kucing adalah hewan peliharaan yang produktif dengan kehamilan selama 9 minggu, dalam sekali melahirkan kucing biasanya mendapatkan lebih dari 2 anak. 

Hal penting yang harus kita ketahui yaitu adalah binatang yang super fekunditas, yang bisa diartikan dalam satu kali melahirkan anak kucing memiliki bapak yang berbeda. Jika induk kucing kawin dengan banyak kucing pejantan, maka bisa saja pejantan kucing menghasilkan anak dalam rahim induk kucing. Nah, jika kita memiliki kucing betina yang sering keluyuran diluar rumah, maka harus bersiap-siap untuk menerima kabar kehamilan yang mendadak. 

Tetapi, sekarang ini semakin berkembangnya ilmu pengetahuan yang semakin maju. Tidak hanya manusia saja yang bisa melakukan program keluarga berencana atau biasa disebut KB, namun hewan seperti kucing juga bisa ikut melakukan program keluarga berencana loh. Karena cara tersebut bisa mencegah kucing betina hamil. Tapi, untuk melakukannya tidak boleh dengan aturan sembarangan, haru sesuai anjuran dokter hewan. 


Berikut Ini Adalah Tips Agar Kucing Betina Tidak Hamil

1. Mencampurkan Ragi Pada Makanan Kucing

Cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kucing betina agar tidak hamil yaitu bisa menggunakan ragi. Caranya sangat mudah, kita bisa melumatkan ragi tersebut, kemudian kita campurkan dengan makanan kucing yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk di aduk supaya tercampur rata, lalau siap untuk dimakan kucing. 

2. Jangan Membiarkan Kucing Berkeliaran

Kita harus bisa menjaga kucing betina tetap dirumah, jika mereka sedang dalam kondisi birahi. Jika si kucing tidak keluar rumah, hal tersebut akan meminimalisir terjadinya hubungan dengan kucing pejantan. Sehingga, dengan begitu kucing betina kita tidak akan mudah hamil. Namun, jangan sampai kita membuat mereka merasa terkekang ya, karena jika kucing merasa terkekang justru akan membuatnya stress. 

3. Suntik KB Kucing

Selanjutnya cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kucing tidak hamil yaitu dengan suntik KB. Untuk melakukannya, kita harus membawanya ke dokter hewan. Jangan sampai coba-coba untuk membawa ke selain dokter hewan, karena bisa berdampak bahaya untuk kucing. Untuk melakukan suntik KB pada kucing tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal, cukup kita melakukannya dengan rutin ke dokter hewan setiap enam bulan sekali. 
 
Namun, sebenarnya selain suntik KB kita juga bisa memberikan pil KB yang lebih mudah cara mengaplikasikannya. Kita harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan pilihan yang terbaik. 
 

4. Dikebiri atau Dimandulkan

Cara selanjutnya yang bisa kita lakukan yaitu, dikebiri atau dimandulkan, langkah tersebut dilakukan agar kucing tidak hamil, untuk melakukannya bisa kita lakukan tindakan operasi. Karena cara tersebut dinilai sangat praktis dan mendapatkan hasil yang permanen sehingga kucing tidak akan hamil lagi. Namun, banyak pecinta kucing yang tidak setuju dengan tindakan tersebut karena dinilai sangat kejam untuk kucing. Selain itu, biaya operasi untuk pemandulan kucing juga sangat mahal jadi cara ini jarang dilirik oleh pecinta kucing.  

5. Menjauhkan Dari Kucing Jantan

Jika kita memiliki kucing lebih dari satu dirumah dan ada yang berjenis kelamin jantan. Saat kucing betina mulai mengalami masa birahi yang cukup meningkat, dan kita tidak mau jika mereka sampai kawin. Kita harus memindahkan kucing jantan diruangan yang terpisah agar tidak mengetahui jika kucing betina sedang birahi. 


Penutup

Demikian itulah pejelasannya, jadi intinya kucing boleh saja melakukan suntik pil kb atau mengonsumsi pil kb namun bukan pil yang biasa dikonsumsi manusia tapi pil kb khusus hewan. Jika artikel ini bermanfaat boleh bantu share sebanyak-banyaknya ya, untuk kritik, saran atau pertanyaaan seputar artikel ini boleh tulis dikolom komentar terima kasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga