Jangan Sembarangan! Inilah Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induknya

 


Jangan Sembarangan! Inilah Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induknya-  Hallo petlovers! Hari ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat anak kucing tanpa induk. Pasti anda merasa kasian kan jika melihat anak kucing yang terlantar, padahal anak kucing masih membutuhkan perhatian, kasih sayang dan bantuan terus menerus untuk pertumbuhannya. 

Anak kucing juga masih membutuhkan asi dari induknya, tetapi bagaimana jika sang induk mati? Apakah anak kucing bisa bertahan hidup? 

Simak yuk! ulasan dibawah ini.

Makanan atau Minuman Yang Dilarang Untuk Anak Kucing

1. Susu dan Makanan Olahan Dari Susu

Mungkin faktanya kucing sangat menyukai susu dan makanan yang terbuat dari susu. Nyatanya olahan susu tidak baik untuk kucing dan berbahaya bagi perutnya. Hal ini disebabkan kareana bayi kucing sangat intoleran dengan laktosa.

2. Telur Mentah

Kenapa bayi kucing tidak boleh diberikan telur mentah? Karena telur mentah mengandung bakteri di dalamnya. Bakteri tersebut akan mempengharuhi usus bayi kucing. Tidak hanya bayi kucing tetapi kucing dewasa pun juga tidak boleh diberikan telur mentah. 

Sebab, didalamnya terdapat protein yang sulit dicerna dan dapat mengakibatkan kucing kekurangan vitamin. 

3. Alkohol 

Bagi sebagian orang memberi alkohol kepada hewan peliharaan adalah sebuah lelucon. Padahal hal tersebut bisa membahayakan nyawa anabul. Jika kucing menelan alkohol mereka akan merasa linglung dan sulit bernafas. 

4. Cokelat

Mungkin kucing menyukai makanan manis, tapi sebenarnya kucing tidak bisa merasakan rasa manis. Bagi anda mungkin memberinya coklat adalah hal biasa padahal coklat beracun bagi kucing. 

5. Alpukat

Berbeda halnya dengan manusia ternyata alpukat tidak boleh mengonsumsi alpukat karena dapat menyebabkan muntah dan diare pada kucing. 

Nah, poin-poin diatas adalah makanan pantangan bagi kucing, jika anda ingin hewan peliharaan tetap sehat jangan lupa hindari makanan diatas.

Selanjutnya, simak cara merawat anak kucing yang ditinggal induknya. 

Inilah Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk

1. Memberinya Susu Formula Bubuk

Bayi kucing yang ditinggal indukndya pasti masih membutuhkan asi. Maka dari itu kita bisa menggantinya dengan susu formula bubuk karena susu formula bubuk lebih baik daripada susu formula cair kaleng. Sebaiknya, gunakan susu formula bubuk ini sejak pertama untuk menhindari diare pada bayi kucing. 
 
Anda bisa mendapatkan susu formula bubuk khusus kucing dan dot di pet shop, kantor dokter hewan, atau online shop. 
 
Cara memberikan susu pada bayi kucing :
  • Campurkan susu formula , lalu seduh dengan air hangat dengan takaran 1:2
  • Bayi kucing minum susu dengan aturan 2 sendok makan atau 30 cc susu formula
  • Bayi kucing minum susu dalam waktu 24 jam per 4 ons berat badannya.

 

2.  Berikan Tempat yang Hangat

Saat anda benar-benar merawat bayi kucing pastikan selalu bahwa kandang tempatnya istirahat selalu hangat. Jangan lupa juga untuk memberikan lampu di dalam kandang. Hangatkan bayi kucing setiap 20 menit, anda bisa membungkusnya dengan handuk dan gendong perlahan. 

3. Berikan Tempat yang Aman 

Jika anda merawat anak kucing tanpa induk berikanlah tempat yang aman untuk bertahan hidup. Itulah cara yang baik untuk kelangsungan hidup mereka.

4. Membersihkan Kotorannya

Anak kucing yang masih kecil tidak bisa membersihkan kotorannya sendiri. Anda harus membantu membersihkannya dengan cara mengusap bokongnya dengan tisu basah atau tisu khusus kucing. 


5. Memberikan Makanan Khusus Anak Kucing

Jika anak kucing sudah memiliki gigi berikanlah makanan khusu anak kucing. Biasanya makanan untuk anak kucing berbentuk sangat kecil jadi sangat mudah untuk dikunyah. 
 

Penutup

Petlovers itulah cara merawat anak kucing tanpa induk, mungkin terlihat sangat mudah tapi kita harus tetap berhati-hati dan konsisten ya supaya anak kucing bisa tumbuh dengan baik. Semoga bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga