Widget HTML Atas

Jangan Panik! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sering Muntah

Konten [Tampil]


Jangan Panik! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sering Muntah -Hallo petlovers! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang penyebab dan cara mengobati kucing sering muntah. 
Kucing muntah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, biasanya kucing tidak bisa mencerna makanan, penyakit infeksi saluran kemih, diabetes, atau memakan makanan yang beracun. Dan biasanya juga karena Hairball. 

Hairball adalah sebuah gumpalan bulu yang ditelan kucing, ketika kucing menjilat-jilat bulu tubuhnmya. Hairbaal yang ditelan kucing menyebabkan penyumbatan pada pencernaan kucing. Sebagai majikan yang baik, anda harus belajar cara mengatasi muntah pada kucing. Meskipun muntah adalah hal yang wajar dan umum. 

Ketika kucing mengalami muntah, maka kucing akan dehidrasi, dan jika kucing menjadi lemas sebaiknya segera hubungi dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut. Inilah yang wajib anda ketahui yaitu penyebab kucing muntah.


Berikut yang Menyebabkan Kucing Muntah

Penyebab muntah sangatlah beragam, hampir semua penyakit yang pernah di derita kucing menyebabkan muntah, meskipun begitu penyebab kucing muntah dibagi menjadi beberapa kategori yang berbeda: 

  • Hairballs
  • Alergi pada makanan
  • Makan benda yang tidak bisa dicerna
  • Makan terlalu cepat
  • Keracunan
  • infeksi dan parasit
  • Kehamilan

Biasanya kucing yang muntah mengalami tanda gejala seperti keluar air liur terlalu sering. Sebelum anda membawanya ke dokter, coba simak terlebih dahulu cara mengobati kucing muntah di rumah.


Inilah Cara Mengobati Kucing Muntah

1. Memberinya Teh Papermint

Papermint digunakan untuk mengatasi mual dan muntah pada manusia, namun juga bisa diberikan kepada kucing. Dengan menyeduh daun papermint menggunakan air hangat 1 cangkir, diamkan selama 20 menit. Setelah dingin, berikanlah sedikit demi sedikit pada kucing. Selain untuk meredakan muntah, ini juga bisa menyembuhkan sakit perut pada kucing.

2. Memberikan Jahe

  Anda bisa memberikan jahe pada anabul yang muntah, dengan cara memberinya jahe. Cara pembuatannya, potong dan bersihkan jahe kemudian rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Berikanlah minuman tersebut pada anabul sebanyak 2 hari sekali. 

 3. Berikan Air Putih Lebih Banyak

Air putih segar juga bisa mentralisir rasa mual, dengan memberikan air putih kucing juga tidak akan dehidrasi. Namun, jika kucing tidak mau anda bisa menambahkan es batu atau jus tuna  untuk menambah kadar air dalam tubuhnya.
 

 4. Puasa 

 Biarkanlah kucing puasa selama 24 jam untuk mengistirahatkan perutnya dari peradangan. Jika keesokan harinya sudah membaik bisa anda berikan nasi putih untuk makan pertamanya. Lalu jika sudah 48 jam berikanlah makanan campuran. Dan jika sudah sangat membaik selama 72 jam berikanlah makanan seperti biasa.

5. Arsenicum

Obat arsenicum berguna untuk mengobati mual dan muntah pada kucing dan anjing. Yang akan membuang sampah dan parasit dalam perut.


Penutup

Demikian itulah cara mengatasi dan penyebab kucing muntah, jika keadaan kucing semakin memburuk anda bisa membawa ke dokter hewan. Jika anda menyukai artikel ini bisa share sebanyak-banyaknya, semoga bermanfaat. Terima kasih.








Tidak ada komentar untuk "Jangan Panik! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Sering Muntah"