Cara Mengobati dan Mencegah Kristal Kandung Kemih Pada Kucing

 


Cara Mengobati dan Mencegah Kristal Kandung Kemih Pada Kucing -Hallo petlovers! Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengobati dan mencegah peyakit kristal kandung kemih pada kucing. Ternyata bukan hanya manusia yang mengalami penyakit kesulitan dalam membuang air kecil.

Hewan peliharaan seperti kucing juga mengalaminya loh, Dengan kondisi kucing kesulitan dalam membuang air kecil atau menyumbatnya salurah kemih merupakan gangguan kesehatan yang sangat serius. Masalah dari penyakit ini yaitu, membuang air kecil lebih sedikit, sama sekali tidak membuang air kecil, urin berwarna merah, dan tidak nyaman saat membuang air kecil.

Masalah ini dapat kita simpulkan bahwa kucing mengalami penyakit infeksi saluran kandung kemih. Penyakit tersebut menyebabkan obstruksi kemih. Terjadinya obstruksi kemih yaitu saat uretra tersumbat dan tidak bisa mengeluarkan urine.

Obstruksi penyakit saluran kemih kebanyakan menyerang kucing jantan daripada kucing betina. Sedimen dan kristal dalam urine atau peradangan dalam saluran kemih yang menyebabkan obstruksi. Kenapa obstruksi lebih sering menyerang kucing jantan?  Kucing jantan memiliki ukuran uretra panjang dan lebih sempit. 

Maka dari itu, kenalilah gejala penyumbatan pada saluran kandung kemih. Sehingga anda bisa segera mengatasinya. Baiklah, mari simak cara mengobati kristal kandung kemih pada kucing. 


Inilah Cara Mengobati Kristal Kandung Kemih Pada Kucing

1. Metode Pengobatan Di Rumah

Kucing yang mengalami obesitas lebih mudah terkena penyakit. Maka dari itu, jagalah pola makan si kucing agar berat badan tetap stabil. 

Kucing yang stress juga bisa terkena penyakit saluran kandung kemih. Sebaiknya, konsultasikan kepada dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Cara pengobatan di rumah yang bisa anda lakukan. 

  • Ajak si kucing untuk melakukan gaya hidup sehat dan makanan yang sehat.
  • Jangan sampai kucing mengalami dehidrasi
  • Berikanlah makanan yang sehat, atau berikan makanan basah.

2. Metode Pengobatan Dengan Diet

Dengan melakukan metode diet pada kucing bisa mendukung sistem urin dan menciptakan lingkungan internal yang dapat mencegah batu tidak terbentuk.

Makanan basah sangat baik dalam mendukung diet si kucing karena makanan basah memiliki tingkat kadar air yang tinggi. Dengan begitu akan membuat si kucing lebih sering buang air kecil.


Cara Pencegahan Penyakit Kristal Kandung Kemih Pada Kucing

1. Berikanlah Selalu Air Putih

Kucing akan lebih suka minum banyak air putih yang mengalir, dengan menyediakan tempat berbentuk air mancur ( kitty water fontain ) akan membuat kucing semakin tertarik untuk minum lebih banyak. Jika anda menyediakan tempat minum menggunakan mangkuk sebaiknya rajin-rajinlah untuk selalu membersihkan secara teratur. 

Jika kucing minum lebih banyak air akan lebih mudah untuk sering buang air kecil. Menjaga pH kandung kemih tetap stabil akan mencegah pembentukan kristal dan batu dalam kemih. 

2. Siapkan Kotak Kotoran Untuk Kucing

Dengan memberikan kotak kotoran yang cukup besar, anda juga harus sering membersihkannya. Jangan lupa untuk melihat dan mengecek kotak kotoran tersebut, jika anda melihat kotoran segera bersihkan. Cucilah dengan sabun hingga bersih setelah anda membuang kotorannya. 

3. Jangan Membuat Kucing Stress

Waspada! jangan sampai membuat kucing stress, jika kucing stress mereka akan merasa lebih cemas dan emosional yang tinggi. Stress yang dialami kucing akan menyebabkan masalah untuk kandung kemihnya.

Penutup

Demikian itu cara mencegah dan mengobati kristal kandung kemih pada kucing, jangan lupa ya untuk selalu menjaga kesehatan anabul anda. Jika artikel ini bermanfaat silakan share sebanyak banyaknya, semoga bermanfaat. Terima kasih.






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga